Tolak Geothermal, Ribuan Warga Padarincang Gelar Istigosah

Tolak Geothermal, Ribuan Warga Padarincang Gelar Istigosah

0
0
BERBAGI

Okenews.com (Serang) – Sekitar 1.500 warga Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang yang tergabung dalam aliansi Syarekat Perjuangan Rakyat (SAPAR) menggelar istighosah akbar di jalan akses masuk Proyek Pembangkit Tenaga Panas Bumi (PLTPB) PT. Sinthesa Banten Geothermal, Jumat, (6/4/2018).

Hal itu mereka lakukan‎ sebagai bentuk perjuangan masyarakat dalam mempertahankan tanah kelahirannya yang terancam oleh adanya rencana pengeboran dengan kedalaman perut bumi 3000 meter.

Abdurrahman, salah seorang warga yang ikut istigosah tersebut mengatakan, bahwa sampai saat ini masyarakat tetap mendesak pemerintah Provinsi Banten untuk tidak memperpanjang Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang akan habis 28 April tahun ini.

Selain itu, ia juga meminta kepada pemerintah pusat untuk mempertimbangkan kepentingan masyarakat Padarincang atas dasar kemanusiaan. Mengingat bahwa proyek ini berdekatan dengan permukiman warga Padarincang.

“Melalui istighosah ini masyarakat memanjatkan DOA kepada sang kholiq meminta keselamatan bagi masyarakat Padarincang, serta memohon untuk membukakan mata hati para pemegang kebijakan dan perusahaan, semoga ambisi mereka tidak mengorbankan hidup masyarakat Padarincang dimasa depan. Istghosah dan aksi pemboikotan pintu utama proyek geothermal adalah tekad besar masyarakat padarincang untuk menjaga kelestarian alam,” pungkasnya. (Awd)

LEAVE A REPLY