Siti Masrifah, DPR RI Komisi IX Gelar Diskusi Legislatif Bersama Mahasiswa UIN...

Siti Masrifah, DPR RI Komisi IX Gelar Diskusi Legislatif Bersama Mahasiswa UIN Jakarta

0
0
BERBAGI

Okenews.com, (Tangerang Selatan) – Siti Masrifah, Anggota DPR RI Fraksi PKB Komisi IX mengadakan diskusi dengan mahasiswa. Dalam penyampaiannya, anggota DPR RI tersebut menyampaikan betapa pentingnya peran seorang Senator dalam mengawal kehidupan demokrasi.

Disampaikan dalam kegiatan talk show dan training legislatif dengan tema, “Refleksi Gerakan Mahasiswa dalam Meneguhkan Demokrasi Pancasila Guna Mencetak Generasi Parlemen Masa Depan”, acara diskusi tersebut diinisiasi oleh SEMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang berlangsung di Aula Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (23/5/2018).

“Siapa yang tak mengenal istilah anggota dewan dan senator dalam suatu negara? Siapakah mereka? Mengapa juga berbagai tindakan mereka baik dalam dan di luar gedung parlemen menjadi sorotan tajam bagi media massa dan masyarakat? Tidak lain dan tidak salah semua itu terjadi karena mereka merupakan wakil dari suara rakyat. Mereka telah mendapatkan legitimasi yang sah dengan cara dipilih secara langsung oleh masyarakat untuk mampu melakukan kebijakan dan langkah-langkah tertentu untuk kebaikan negara dan bangsa,” kata Masrifah saat menyampaikan isi diskusinya.

Dikatakan Masrifah, hadirnya senator atau anggota dewan sebagai sebagai refresentatif dari rakyat. Jadi rakyat berhak menurunkan perwakilan rakyatnya di parlemen, jika tidak sesuai dengan kinerja.

“Hal ini pula yang memunculkan pertanyaan yang lebih makro mengenai konsep negara, kemudian mengapa hadirnya negara menjadi penting dalam kehidupan manusia. Berbicara mengenai senator dalam suatu negara, kita akan melihat senator dalam negara bayangan yang lebih dekat dengan kehidupan kita sebagai mahasiswa,” ujarnya

Berjalannya waktu, forum diskusi mulai ke tahap tanya jawab dengan peserta senat mahasiswa.

“Seperti adanya dewan mahasiswa dan senat, serta istilah lainnya. Bagaimanakah peran kita di lingkungan kehidupan kampus serta pola relasinya secara vertikal, baik ke negara maupun masyarakat? Atau bagaimana peran kita dalam ruang lingkup kehidupan kampus itu sendiri? Berbagai pertanyaan ini tak jarang muncul dalam benak para senator mahasiswa yang baru atau tengah menjalani tugasnya sebagai senat atau dewan mahasiswa,” papar Masrifah.

Lebih lanjut, Anggota DPR RI Komisi IX ini memaparkan diskusinya.

“Oleh karena itu, dalam forum ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara singkat untuk mampu menjadi bahan referensi bagi para mahasiswa untuk refleksi diri mereka betapa pentingnya mahasiswa sebagai kontribusi pembangunan bangsa dan negara tercinta ini. Sekelumit Cerita Parlemen di Indonesia sejarah panjang mengenai legislative di Indonesia begitu panjang seumur dengan berdirinya NKRI. Indonesia yang memang sudah memiliki budaya untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan juga mempengaruhi corak dari parlemen kita. “Legislatif” memiliki arti berwenang untuk membuat undang-undang. Padahal, ketika kita bicara mengenai DPR RI, para senator, dan sebagainya akan lebih cocok jika kita menggunakan kata seorang represenator di dalam parlemen, karena sejatinya fungsi parlemen tak hanya legislasi saja,” pungkas Masrifah.

Diketahui, diskusi tersebut berlangsung dengan peserta forum dari perwakilan senat mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (awd)

LEAVE A REPLY