PT Telkom Disomasi, Dugaan Pembajakan Aplikasi CXM

PT Telkom Disomasi, Dugaan Pembajakan Aplikasi CXM

0
0
BERBAGI
Dok.redaksi

PT Telkom Indonesia mendapatkan somasi. Somasi yang ditujukan itu merupakan buntut dari pembajakan atas karya aplikasi Costumers Experience Machine (CXM) yang dibuat oleh Iman Fauzan Syarief.

Iman menuturkan, aplikasi CXM tersebut merupakan hasil karyanya yang secara sepihak diklaim oleh Telkom. Tanpa komunikasi yang jelas, perusahaan plat merah itu juga telah mengoperasikan aplikasi pembayaran itu dengan nama baru New CXM.

“PT Telkom Indonesia Tbk, tanpa itikad baik menggunakan aplikasi itu sepihak. Meniru, copy-paste,” ucap Iman Fauzan lewat keterangan tertulisnya, Senin (12/3/2018).

Dia juga mengungkapkan awal mula pembuatan aplikasi tersebut. Pada Juli 2013 silam, tambah Iman, seorang temannya bernama Amjad Agoes yang menjabat sebagai Senior Manager Wholesales Services PT Telkom memintanya untuk membuat inovasi layanan berbasis aplikasi.

“Aplikasi itu saya buat setelah dihubungi Amjad Agoes. CXM itu sistem yang meliputi sources code. Itu hanya saya yang bisa buat. Saya buatkan dan tanpa kontrak yang jelas,” ungkapnya.

Atas pembajakan karyanya itu, Iman melakukan somasi melalui Kantor Hukum Khanwar & Rekan. Kuasa Hukum Iman, Khairul Anwar menambahkan, pihaknya telah melayangkan surat somasi kepada Telkom. Namun, hingga somasi kedua, Telkom tak kunjung merespon.

“Berdasarkan surat kuasa pada 30 September 2017 lau, kami telah melayangkan sebanyak dua kali somasi, 6 Februari 2018, dan 1 Maret 2018 kemarin. Tapi tidak ditanggapi,” keluhnya. (RLS/BAR).

LEAVE A REPLY