KULIAHMU JENUH? COBA LAKUKAN HAL INI!

KULIAHMU JENUH? COBA LAKUKAN HAL INI!

135
0
BERBAGI

Menjadi mahasiswa merupakan impian setiap siswa yang bersekolah, siapa yang tidak ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi? Yakin deh serentak pasti bilang setuju untuk meneruskan studinya. Namun taukah kalian ternyata dunia kampus itu ‘gak seindah di televisi loooh!, tugas yang menumpuk sampai dosen yang di cap ‘Killer’ bisa membuat perkuliahan menjadi membosankan tapi jangan sampai rasa bosan ini membuat kita malas belajar yaaa.. ingat uang yang di berikan orang tua untuk membiayai kuliah itu gak murah loh guys, so.. manfaatkan dengan baik ya.

Rasa bosan adalah perasaan dimana seseorang telah mencapai titik jenuhnya, ini terjadi bisa karena rutinitas kampus yang monoton dan malas bertatapan dengan dosen yang ‘Super Killer’ dan lain lain. Hal ini adalah wajar karena manusia memiliki rasa tersebut, berikut kami paparkan beberapa tips mengurangi rasa bosan di perkuliahan.

 

  1. Mengubah pola pikir

Ya! Mulai sekarang cobalah mengubah pola pikir anda sebagai mahasiswa, yang awalnya tidak mempunyai kegiatan yang menarik coba saja untuk mencari kegiatan baru yang membuat pikiran lebih terbuka dan fresh, selain itu bergabunglah dengan perkumpulan atau organisasi kemahasiswaan, Karena ini bisa memicu otak untuk berpikir lebih kreatif dan mengasah kemampuan serta dapat memperluas jarigan pertemanan kita. Misalnya dengan bergabung di BEM kampus atau lembaga kemahasiswaan yang lain.

  1. Hukum ekonomi! Kalau ‘gak untung ya rugi.

Loh loh loh Kok ekonomi? Iya hukum ekonomi, coba hitung berapa jumlah rupiah yang telah orang tua berikan untuk membiayai kuliah kita? Sangat banyak bukan? Jikalau kita terus membiarkan rasa bosan ini berkembang menjadi malas belajar tentulah kita termasuk mahasiswa yang rugi. Mulailah mecoba memanfaatkan uang yang telah di berikan kepada kita dengan cara giat belajar dan selalu aktif di kampus, itu jauh akan membuat orang tua merasa senang dan membuat kita menjadi mahasiswa beruntung, beruntung darimananya? Ya dari segi ilmu, bukankah sangat menguntungkan jika kita memiliki ilmu yang tinggi di kampus dengan memanfaatkan rupiah dari orang tua agar tidak sia sia? Mari berubah mulai dari sekarang.

  1. Sesekali lakukan Me-Time

Kesibukan dan tumpukan tugas di kampus terkadang  membuat kita lupa diri sendiri, rutinitas yang monoton menimbulkan rasa jenuh dan bosan sehingga menimbulkan efek malas. Sesekali kita perlu melakukan Me-Time untuk memanjakan diri sendiri untuk membangun mood dan semangat kembali, misal dengan berbelanja, bertemu dan bermain dengan kawan-kawan, mengunjungi tempat baru, pergi ke spa dan lain lain. Manusia memiliki hormone Serotonin yang mana serotonin ini adalah satu dari empat hormone senang dalam tubuh, serotonin dapat aktif ketika manusia melakukan kegiatan yang dapat membangkitkan semangat kembali seperti melihat pemandangan, bercengkerama dengan kerabat, bermain, mendengarkan musik dan lain lain. Ini dapat sangat berpengaruh karena rasa bahagia yang tibul akan mengapus rasa jenuh dan bosan sehingga semangat akan muncul kembali.

  1. Let’s focus

Mari belajar untuk focus, focus dalam perkuliahan untuk mempersiapkan masa depan. Perlu diingat, kita kuliah bukan hanya untuk sekedar duduk dan menerima ijazah serta gelar, tapi untuk mempersiapkan masadepan yang lebih baik dan membahagiakan orang tua tentunya. Berusaha  untuk memfokuskan diri pada masadepan mulai dari sekarang karena penyesalan itu datangnya belakangan guys!, merancang perencanaan studi yang baik dan serius dalam perkuliahan diiringi usaha dan doa tentunya akan menuai kesuksesan di masa mendatang. Let’s focus!!

 

  1. Jatuh Cinta

What??? Jatuh cinta? Tadi katanya focus? Hehe sabar sabar, disini akan di jelaskan apa yang dimaksud jatuh cinta. Jatuh cinta adalah perasaan dimana rasa menyukai yang menimbulkan efek candu yang menyebabkan orang yang sedang mengalami jatuh cinta ini betah untuk bersama, hal ini di sebabkan oleh hormone Dopamine yang meningkat sehingga kebahagian terjadi dalam frekuensi tertentu dan menyebabkan rasa ketertarikan dan kegilaan. Namun jatuh cinta yang di bahas di sini adalah jatuh cinta pada dunia kampus, yap! Batul sekali, kampus. Ketika seorang mahasiswa sudah jatuh cinta pada dunia perkuliahan dan kampusnya maka mahasiswa tersebut pastilah akan bersungguh-sungguh dalam studinya, lebih giat dalam belajar dan betah dengan suasana belajar, jika hal ini sudah terjadi sudah tentulah membuat prestasi mahasiswa tersebut meningkat dan mebuat bahagia orang tua. Tak ada salahnya untuk mencoba jatuh cinta pada dunia kampus jikalau itu bisa menyingkirkan rasa bosan dan mengunggah semangat lagi, why not? Selamat jatuh cintaa..

 

Nah!! Itu tadi 5 hal yang  dapat menghlangkan rasa jenuh dan bosan dalam perkuliahan. Jenuh dan bosan adalah wajar dalam setiap diri manusia tapi jangan di jadikan itu sebagai alasan dan penghalang kita untuk sukses study dan sukses di masa depan ya guys!.

LEAVE A REPLY