Kel – 7 Kukerta UIN Banten, Fokus Peningkatan Mutu SDM Desa Pamanuk

Kel – 7 Kukerta UIN Banten, Fokus Peningkatan Mutu SDM Desa Pamanuk

0
0
BERBAGI

OKENEWS.COM (Kabupaten Serang) – Rabu, 1 Agustus, Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, secara resmi melepas seluruh mahasiswa yang mengikuti kuliah kerja nyata (kukerta) di semester ganjil.

Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) ini terbagi menjadi 72 kelompok yang tersebar di berbagai kecamatan yang berada di Kabupeten Serang, khususnya Serang utara dan Serang timur.

Kukerta sebagai program kerja mahasiswa selama pengabdian di Desa, dengan berbagai kegiatan yang bernilai positif.

Kelompok 7 salah satu kelompok yang di tempatkan di daerah kecamatan Carenang, Desa Pamanuk, satu diantara Desa paling ujung di bagian Serang Utara. Selama 1 bulan, pengabdian di desa dijalankan, terhitung mulai dari 1 agustus sampai 30 agustus, kelompok 7 kukerta UIN Banten ini beranggotakan 21 orang diantaranya laki laki berjumlah 5 orang dan perempuan 16 orang.

“Sudah menginjak hari ke 5 mengabdi di desa pamanuk ini Alhamdulilah sudah beberapa agenda yang kita lalui mulai dari gotong royong, pengajian, silatuhrami, senam pagi, serta belajar bersama anak anak,” kata anggota kukerta kelompok 7, Teo. Minggu (05/09/2018)

Menurut teo, kelompoknya saat ini lebih fokus terhadap peningkatan mutu sumber daya manusia di desa, untuk itu kelompoknya lebih menggiatkan belajar membaca dan menulis bersama anak-anak desa pamanuk.

“Belajar bersama anak-anak ini merupakan kegiatan rutin kelompok 7 yang di selenggarakan setiap hari pada jam 15:30,” ungkapnya

Selain itu, teo berharap kepada pemerintah daerah (red-Pemda Kab.serang) untuk lebih memperhatikan mutu kehidupan sumber daya manusia di Desa. Terutama di Serang bagian Utara, menurutnya banyak sekali kekurangan, mulai dari sarana-prasarana belajar anak-anak di Sekolah, kesehatan anak-anak serta akses jalan yang kurang baik.

“Belajar bersama ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar mereka agar lebih berkembang dan dapat mengembangkan minat dan bakat mereka. Kegiatan ini lebih kepada melatih mental dan melatih visual.” Pungkasnya (Awad)

LEAVE A REPLY