IKHTIAR DAKWAH ISLAM YANG KAFAH DAN RAMAH

IKHTIAR DAKWAH ISLAM YANG KAFAH DAN RAMAH

0
0
BERBAGI

Foto : Saresehan DKM Masjid dan Launching Buku Khutbah Jum’at Kontempore

Okenews,- Maraknya Radikalisme yang mengancam kerukunan dalam keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara, menjadi persoalan yang harus diselesaikan oleh kita sebagai manusia. Selain itu, menjelang pemilu 2019, kerapkali terjadi silang pendapat disikapi dengan keras oleh masing-masing pihak, sehingga akan muncul potensi konflik yang akan berdampak pada pemecah belah ummat.

Buletin Muslim Muda Indonesia, The Political Literacy Institute, PPIM UIN Jakarta dan Convey menggelar Sarasehan DKM Masjid Jabodetabek dan Launching Buku Khutbah Jumat Kontemporer, sebagai ikhtiar untuk meredam gejolak di masyarakat.

“Tujuan kami silatirahim dengan Pengurus masjid se-jabodetabek sekaligus launching dan bedah buku khutbah kontemporer sebagai bentuk ikhtiar mendakwahkan Islam Kaffah dan Ramah” Ujar Muhammad Hanifuddin di Masjid Istiqlal, Minggu (13/01/2019).

Buku tersebut merupakan antologi buletin Jumat Muslim Muda Indonesia. Sepanjang 2017-2018, buletin yang memiliki jargon “Menebar Semangat Toleransi dan Perdamaian” itu telah terbit 50 edisi. Tema yang diangkat adalah isu kekinian yang dibingkai dengan paradigma Islam rahmatan lil alamin. Baik yang terkait dengan kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan politik.

Dalam perjalanannya, buletin ini mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Mulai dari jamaah masjid, majelis taklim, pengurus masjid, khatib, lingkar diskusi mahasiswa, hingga pengurus MUI Jabodetabek. Hal ini karena narasi yang disajikan terasa sejuk. Keluasan dan kedalaman spirit ajaran Islam dijangkarkan dengan semangat keindonesiaan dan kemanusiaan.

“Dengan adanya buku ini, kami berharap narasi-narasi damai dapat memudahkan pengurus masjid dan khatib dalam menyampaikan khutbahnya” Lanjut Hanif.

Adapun Pembicara dalam sarasehan, Launching dan Bedah buku tersebut adalah Iding R Hasan Ketua Kaprodi Ilmu Politik UIN Jakarta, Zamakhsyari Abdul Majid Ketua MUI Kota Bekasi, dan Mohammad Zeind Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta.

“Dengan hadirnya pengurus DKM Se-Jabodetabek dapat memberikan wasilah dakwah yang baik di setiap mimbar maupun pengajian dengan menebar ajaran Islam yang sejuk dan ramah. Islam yang menjadi rahmat bagi alam semesta.” Pungkasnya. (Robay).

LEAVE A REPLY