Aktivis Perempuan dari Partai M5S di Italia Inginkan Kesetaraan Gender

Aktivis Perempuan dari Partai M5S di Italia Inginkan Kesetaraan Gender

49
0
BERBAGI

Okenews.com (Internasional) – Tiga perempuan kanselir dari partai terbesar kedua di Italia, Gerakan Bintang-5 (M5S), Selasa (22/11), melancarkan protes dengan menggantung pakaian mereka selama debat mengenai kesetaraan gender di Dewan Regional Lombardy di Milan.

Menurut media setempat, ketiga wakil M5S menggantung pakaian mereka di tembok ruang pertemuan.

Mereka memprotes pernyataan yang dikeluarkan oleh pemimpin partai sayap-kanan Italian, Liga Utara, Massimiliano Romeo, selama satu pembahasan mengenai persetujuan peraturan baru mengenai kesetaraan gendera di dewan perusahaan dari Lombardy, salah satu dari 20 wilayah dan wilayah paling kaya di Italia.

“Kesenjangan gaji antara lelaki dan perempuan tak tergantung atas hukum, tapi dari kenyataan bahwa ketika perusahaan memerlukan lembur, lelaki menjawab ‘ya’. Sementara itu banyak perempuan mengatakan ‘tidak’ sebab mereka memilih berada di rumah dan mengurus anak,” kata Romeo kepada media dan majelis lokal, Rabu pagi.(23/11/2016)

Komentar tersebut memicu protes dari wakil oposisi dan sidang pun dihentikan.

Setelah itu ketiga perempuan kanselir regional M5S menggantung sebentar pakaian di tali di ruang pertemuan.

“Kami, perempuan, harus tetap berada di rumah dan mengurus anak,” kata mereka kepada rekan mereka dari Liga Utara.

Akhirnya, Presiden Dewan Regional Lombardy Raffaele Cattaneo harus meminta agar pakaian ketiga perempuan tersebut dipindahkan. (ant/sdm)

LEAVE A REPLY